Eksplore Konsep Desain Taman

1). Ini desain lama. Tapi belum sempat saya jelaskan tentang konsepnya.

2). Pada desain taman depan ruang guru/kelas pendekatan fungsi lebih dominan disini. Desain seperti ini juga diterapkan pada taman depan kelas ruang kelas lainya.
3). Baik kita mulai. Taman, secara manfaat bisa nikmati dalam 2 sisi. Pertama dinikmati secara visual (tidak boleh diakses), kedua boleh dinikmati lebih dari sekedar visual (boleh diakses untuk sekedar duduk santai dll).
4). Taman kelas pada sekolah masuk kategori kedua. Oleh karenanya pendekatan desain taman adalah pendekatan fungsi pakai (dapat diakses). Maksudnya desain taman yang dihadirkan harus dapat diakses para siswa, tidak sekedar hanya dinikmati secara visual.

5). Dengan dapat diakses para siswa diharapkan taman menghadirkan fungsi sebagai tempat rehat melepas penat ba’da sekian jam belajar dalam ruangan, atau selepas lelah berolahraga dilapangan terbuka.

6). Oleh karenanya desain taman harus mengakomodir fungsi sebagai tempat rehat melepas penat para siswa.

7). Jika telah demikian maka, taman yang adem, tersedianya tempat leyeh2 (santai), dan juga nyaman adalah keharusan.

8). Sekarang silahkan perhatikan desain saya kali ini. Pada taman akan dijumpai 2 pohon besar lokal dengan farietas berbeda yang berfungsi sebagai peneduh setiap taman kelas. Lain sisi pepohonan ini juga mengambil peran menghijaukan lingkungan.

9). Next, jika kita perhatikan 2 pohon besar tersebut tumbuh ditengah hamparan amben / area duduk santai permanen yang diberi lobang. Efeknya area duduk santai para siswa saat melepas penat terasa adem, fix. Lobang pada amben selain berfugsi sebagai pot tanaman, juga berfungsi sebagai titik kumpul duduk melingkari pohon dengan kaki diletakan pada tumpukan kerikil yang ada pada lobang tersebut.

10). Mengapa amben beton?. Jika amben kayu sebentar pasti rusak. Ingat ini sekolahan yang isinya penuh dengan remaja dengan ragam karakter disana bukan perumahan :D. Biar awet aja sebenarnya.

11). Amben beton dibuat lebih tinggi dari muka tanah. Supaya lebih bersih dan juga lebih terasa santai duduk diatasnya. 

12). Suporting keamanan dan kenyamanan taman dengan cara diberi pagar keliling. Walau dari segi fungsi kurang maksimal sebab pendek, namun secara pesan bahwa jangan sliwar sliwer / lalu lalang lewat sisi sampai. Pagar pendek juga sebagai bentuk penyesuaian terhadap lingkungan. Sebab saya sadar ketika mendesain, ini sekolah bukan pabrik yang menuntut pagar super tinggi :D.

13). Pagar kami buat berbeda pada beberapa sisinya, Solusi atas kejenuhan. Dilain sisi pagar tersebut juga mengakomodasi fungsi media tanam guna mendukung penghijauan.

14). demikian sedikit uraian saya kali ini tentang konsep desain taman depan kelas dengan pendekatan fungsi.
15 ). Salam kreasi. Ardiansyah. Kreasiarsitek.blogspot.co.id | wa : 081995333462

Gambar lainya.. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *