ILALANG CAFFE

Ngopi, dapat dikatakan sebagai media penghantar sebagian masyarakat dalam membahas sesuatu. pengalaman kami sendiri ketika bertemu client kemudian membicarakan tentang wacana merancang sebuah bangunan fungsional arsitektur, ijma’ tempat yang kami teken adalah warung kopi, atau bahasa kerenya adalah cafe.

posisi cafe berada diatas trotoar parkir bandara

Pada postingan kali ini, kami juga ingin sedikit berbagi tentang jobs semi sosial yang wujud rancangan fisiknya berupa bagunan cafe. berlokasi di bandara baru Bangka Belitung (Bandara Depati Amir Pangkalpinang), cafe ini diberika tempat oleh Angkasa Pura II tepat diatas trotoar parkir yang dimana pada bagian bawahnya adalah saluran air lingkungan berukuran besar.

ukuran cafe 16 m x 3,5 m

Sebab jika ditinjau lebih lanjut tentang lokasi terdapat banyak tantangan untuk kemudian perlu dilakukan adaptasi sederhana dalam perencanaan. diantaranya:

1. Lokasi ditengah lapang terbuka dengan temperatur cukup panas disiang hari, menjadikan konsep semi terbuka sebagai pilihan yang kami tetapkan. konsep ini diharapkan mampu menghadirkan aliran udara bebas dari berbagai arah guna menyapu hawa panas yang ada. penggunaan material bahan interior yang secara mayor benuansakan alami (wood) juga diharapkan memberikan sumbangsi kesan ke asrian yang lebih (adem). demikian juga upaya menghadirkan hot buffer dalam bentuk vegetasi juga kami lakukan.

semi open concept
vegetasi sebagai hot buffer

2. Diatas saluran trotoar adalah tempat berdirinya ilalang cafe, sehingga adaptasi komponen bangunan disesuaikan, dalam hal ini adalah menggunakan pipa besi. selaian permintaan khusus argumentasi lainya adalah agar lebih mudah proses pemasangan dan pembongkaran dikemudian. pipa besi juga memiliki nilai estetika sendiri ketika kemudian dikombinasikan dalam berbagai ukuran.

struktur pipa besi

3. penyesuaian dalam persoalan yang lebih mendetail pun dilakukan seperti halnya menghadirkan space simpan barang pengunjung dengan memanfaatkan sisi dan kiri kanan dalam bentuk rak terbuka terbuat dari pipa-pipa besi yang disusun rapi.

Rak simpan barang pada sisi kiri dan kanan

4. Bagian interior primer cafe direncanakan dengan konsep simpel modern dengan sentuhan nuansa alami yang dalam hal ini diwakil visualkan dengan kombinasi material bata merah dan kayu serta partisi lainya (kursi meja) berwarna coklat.

Akhirnya semoga kiranya apa yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi banyak pihak. Aamiin.

Ardiansyah / Kreasi Arsitek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *