KANTOR NYEMPIL

Lahan yang tersedia kisaran 4 x 9 m. posisinya berada dikompleks perumahan tanjung bunga, Air Itam Bangka, tepatnya berada dibelakang salah satu rumah ber type 75. akses yang tersedia hanya kisaran 1 m, melipir disamping bangunan utama. kiri kanan dan belakang bangunan berupa pagar tinggi yang menjadi batas antar rumah satu dengan lainya. rencana peruntukan desain adalah sebagai kantor kecil tempat ngumpul sambil ngebul / ngerokok (tentu bagi yang merokok :D). Sebab berada dilahan yang sangat terbatas maka bukaan maksimal menjadi pilihan agar sirkulasi udara dalam ruang dapat optimal.

A.  LAYOUT
Pembagian dan penetuan dimensi ruang merupakan hasil dari pertimbangan sederhana yakni berupa ketersediaan partisi pengisi berupa meja rapat dan kursi. menyisakan sedikit space pada bagian depan juga merupakan upaya untuk memberikan ruang terbuka luar yang kemudian denganya berimplikasi juga pada kuwalitas udara dalam ruang.
Adapun komposisi ruang terdiri dari :
1. Ruang tamu informal
2. Ruang pimpinan dengan tambahan taman kecil
3. Ruang admin
4. Ruang rapat dan kumpul bersama
B.ATAP

Sebab tiada lagi ruang untuk buangan bebas air hujan maka desain atap menerus hingga kebawah pada bagian belakang bangunan menjadi pilihan. bahan yang umum digunakan adalah spandek Zincallum, sebab ia dapat dicetak dengan panjang sesuai kebutuhan + dapat ditekuk tanpa kemudian menghasilakan sambungan. efek panas yang dihasilkan dapat diminimalisir dengan menghadirkan bukaan secara maksimal dan juga penambahan plafond ruang dalam.
C. INTERIOR
Simpel dan tidak neko-neko, demikian penataan partisi interior pada kantor nyempil kali ini. meminimalisir sekat permanent dengan mengganti krei anyam bambu yang dapat digulung buka tutup menjadi salusi tambahan agar ruang yang memang secara dimensi kecil dapat menjadi terasa lebih besar dan lega. ruang pimpinan dikonsep semi terbuka dengan sisi luar berupa taman kecil sederhana sebab bliau sendiri memang pengebul sejati yang terasa basi kalo tak sedia rokok disegala situasi haa. ruang rapat dan juga ruang tamu dikonsep sama, terbuka agar semua sisi benar-benar terasa lega. udah gitu aja ah hee..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *