MASJID KOTAK

PROLOG
Apa yang anda fikirkan jika kemudian kita diajak berbicara mengenai desain masjid?. Sebagian besar ari kita pasti akan katakan kubah. Mengapa kubah?, jawabnya kubah adalah pakem pokok dari sebuah desain masjid yang harus bahkan ‘wajib’ diadakan dalam sebuah desain masjid.
Masjid tanpa kubah aneh dan wagu demikian orang jawa sering katakan. Wajar jika kemudian masyarakat banyak yang memiliki persepsi demikian, selain sebab faktor
kebiasaan pakai kubah dari masa ke masa, hal lain yang jadi dasar pertimbangan adalah kubah dianggap jadi perwakilan atas simbol ketinggian dan peng ‘Esaan’.
Posisi kubah yang cenderung dibagian tengah atas bangunan masjid dan bentuknya yang meruncing menunjuk langit jadi menjadi bahan bagi kita untuk berkesimpulan demikian. Hal lain yang terlintas disebagian kita jika bahas soal desain masjid adalah langgam lengkung full profilan. Fakta ini banyak sekali kita temukan dimasjid2 kita saat ini.
Namun belakangan, seiring berkembangnya zaman pakem yang biasa digunakan pada bangunan masjid mulai disesuaikan atau bahkan dihilangkan. Al hasil pro dan kontra jadi warna tersediri dalam catatan desain masjid para insan arsitek yang mulai berani melakukan penyesuaian atas pakem yang telah lama dipegang ditengah2 kita.
Bagi kami pribadi, penyesuaian atas pakem lama menjadi wujud baru bukan persoalan yang berarti sejauh esensi dari masjid tersebut tetap terakomodasi. Hal tersebut adalah : Ruang shalat utama, mighrab, area wudhu dan bersuci.
Maka apapun langgam yang dihadirkan dalam desain masjid bukan persoalan sejauh ke tiga hal pokok tersebut tidak kita abaikan.
Mengenai ikon yang menjadi ciri dari masjid sendiri, ada banyak hal baru yang dapat disisikan guna mewakili pakem lama dari tanda masjid itu sendiri, misal kaligrafi kuffi yang diletakan view utama masjid dll.
Demikian sederhananya.
 ——————————————————
DESAIN MASJID KOTAK 
Sebagaimana namanya, bentuk masjid yang kami desain kali ini berbentuk kota. Kotak dari desain layoutnya dan juga fasadenya.
Dimensi total 20m × 20m. Jumlah lantai ada 3 lantai. Lantai dasar (1) diperuntukan sebagai ruang shalat ikwan, lantai 2 area shalat akhwat, sedang lantai tertas (3), disediakan untuk ruang serba guna seperti ruang pertemuan, perpustakaan, dan kamar rehat tamu yang memiliki kepentingan.
Alamat : jalan raya balunijuk, desa balunijuk, kabupaten bangka, Provinsi kepulauan Bangka Belitung.
Ka’bah adalah ide yang mendasari betuk fasade bangunan tersebut. Ka’bah ia Simpel namun menjadi objek paling realigi di seantero bumi. Menjadi kiblat dan pusat aktivitas kebaikan umat islam diseluruh dunia.
Filosofi itu yang hendak kami pastekan pada desain masjid kali ini. Dengan ide dasar yang diadopsi dari ka’bah mudah2an kelak masjid kotak ini dapat menjadi kiblat dan pusat aktivitas kebaikan di bangka belitung dikemudian. Aamiin
Ardiansyah.
—————-
Berikut gambar selengkapnya >>>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *