RUKO KOST BALI

Ini merupakan kali keduanya bagi kami mendapat job merencanakan kostan, kost jilid pertama sudah pernah kami posting dengan judul : Repost Zonk Kost (https://kreasiarsitek.blogspot.co.id/2017/05/repost-zonk-kost.html ).  Ada perbedaan antara coretan desain kost jilid 1 dan jilid 2 kali ini.

Selain lokasi yang berbeda (jilid 1 jogja dan jilid 2 bangka), yang lebih utama perbedaanya adalah pada kost jilid 2 lahan seluas 15 X 50 meter di isi oleh 2 jenis bangunan, yakni kamar-kamar kost dan juga 2 unit ruko 2 lantai pada bagian depan dengan posisi membelah site hingga terdapat akses pada bagian tengah menuju kamar kost dibagian belakangnya.
Sesuai dengan keinginan pemilik, maka RuKost kali ini kami desain dengan pertimbangan bukaan yang cukup baik ditinjau per unit kamar kost maupun lingkungan secara umum. Masa bangunan secara umum terbagi menjadi dua, yakni ruko pada bagian depan dan kost pada bagian belakang. masa penutup atap dibagi menjadi tiga bagian, juga sebagai upaya menghilangkan kesan masifnya masa bangunan yang memanjang dari depan ke belakang.
Pada masa bangunan ruko, Lantai dasar (1) diperuntukan sebagai tempat usaha, dan lantai atas (2) dialokasikan sebagai ruang privat dari bangunan ruko. Sedangkan masa bangunan kost pada lantai dasarnya terakomodir fungsi parkir, kamar kost, dapur umum, area jemur dan communal space pada bagian tengah bangunan. Pada lantai 2 mewadahi fungi kamar kost, dapur umum, communal space dan area jemur. Jumlah kamar kost total ada 24 kamar dengan kamar mandi dalam.

Balance, adalah konsep desain yang kami usung dalam coretan kali ini. Ciri sederhana yang dapat menjelaskan hal tersebut adalah tampak fasade yang seimbang (sama) antara bagian kiri dan kanan bangunan. Sederhana namun tetap dapat tampil beda dari bangunan sekitarnya, demikian desain Ruko Kost Bali kali ini kami hadirkan.

Tentang sentuhan desain barupa perpaduan aksen vertikal dan horizontal pada fasade depan misalnya dalam bentuk kisi-kisi, ralling balkon, plat dak kanopi, roster, sleding door, diharapkan semakin menjadi point pendukung dari konsep seimbang / balance itu sendiri.

Pertimbangan lain dalam proses mendesain tetap kami gunakan sebagaimana coretan2 kami sebelumnya. Sebetulnya Filosofi yang diharapkan dalam konsep desain Balance adalah semoga para penghuni kost dan juga ruko dapat seimbang pula dalam menjalani kehidupanya. Tiada terlampau lalai dengan urusan dunia hingga lupa akan hari kebangkitan, pun demikian sebaliknya.

Akhirnya kami sudahi narasi coretan kali ini sampai disini, sebab ketika narasi ini kami ketik waktu telah menunjukan pukul 23.30 wib, #Ngantuk 😀 .

Akhir kata semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat bagi siapa saja. Ardiansyah Arch / Kreasi Arsitek

Oh iya Bali dalam hal ini Bukan Provinsi Bali, tapi Bali adalah balun ijuk, nama daerah dibangka Belitung :D.

Gambar Lainya >>>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *