RUMAH KOMBINASI

*PROSES*

Berangkat dari chat sederhana via WA dengan teman lama yang sekarang mengabdikan diri di polda Bangka Belitung, karya berlanggam tropis modern ini tercipta. Bapak Alfi, demikian nama panggilanya, beliau sebetulnya rekan satu sekolah semasa SMK di jurusan gambar bangunan daulu. Namun sebab tiada lagi fokus pada dunia tersebut,  prinsip serahkan sesuatu pada ahlinya nampaknya memang beliau gunakan.

Sebab kami salah satu yang masih fokus pada dunia rancang banguna arsitektur,  maka kami pun dipercayakan untuk membantu mewujudkan kebutuhan dan keinginan atas sebuah hunian sederhana yang nyaman untuk keluarganya.

.

*DESAIN*

Berada dilahan 25 m x 15 m,  menjadikan kami tak terlampau pusing memikirkan tata letak dan tata ruang dari rumah dengan luasan 182 m² tersebut. Berkomposisi teras depan untuk santai, ruang tamu, kamar utama jumbo dengan KM dalam, 2 kamar sekunder, mushola, ruang keluarga, dapur bersih dan kotor serta kamar mandi umum, sudah jauh lebih dari cukup untuk kategori persiapan papan masa depan ketika mereka berdua yang notabenya penganti baru telah dikarunia beberapa momongan.

Secara umum zona bangunan atas lokasi dirapatkan bada sisi timur sehingga menyisakan space kosong pada bagian barat, yang katanya dikemudian ingin dibangun kost-an. Oleh karena pada bagian timur sudah ada bangunan,  maka menyikapi secara khusus zona timur agar cerapan matahari pagi cukup serta sirkulasi udara lancar tak boleh disepelekan.

Ketika kemudian kita coba amati tiap ruang, disana berusaha dihadirkan pencahayaan dan penghawaan alami, hal tersebut dilakukan sebagai sebuah upaya untuk mencapai desain hunian dengan konsep rumah sehat bagi para penghuni di dalamnya.

 

  1. TERAS

Pada bagian teras depan, kita temukan desain semi tertutup. Memanjang dari pintu masuk sampai batas timur lahan dengan Sisi depan dan belakang teras tutup roster dengan void diagonal,  menjadikan teras tertutup pada bagian timur namun tetap sejuk dan nyaman sebab sirkulasi horizontal dari arah belakang teras (inner coutryard) menuju depan dapat mengalir dengan lancar. Peruntukan yang nyaman untuk sekedar duduk santai pagi sebelum bekerja dengan kopi  dan koran ter update hari ini, atau duduk santai sejenak sore hari selepas lelah seharian mengabdi sebagai polisi. Nyaman sebab teras depan terlindung dari panas matahari sore.

.

2. RUANG TAMU DAN KAMAR TIDUR

Ruang tamu diusahakan senyaman mungkin dengan cara menghadirkan bukaan kaca pada kedua sisinya. Sisi pertama pada bagian depan teras,  dan sisi kedua bukaan mayor pada inner courtyard sebalah timur ruang tamu dalam bentuk pintu kaca dan jendela kaca hidup berukuran besar.  Al hasil baik pencahayaan maupun penghawaan ruang tamu bisa diperoleh secara maksimal.

.

Kamar tidur, baik utama maupun sekunder kesemuanya direncanakan cukup pencahayaan dan penghawaan dengan menghadirkan jendela dan boven light. Demikian juga dengan ruang-ruang lainya.

3. MUSHOLA

Khusus untuk ruang shalat / mushola dihadirkan sedikit inovasi desain yang lebih detail, yakni berupa kombinasi atas unsur air, skylight, roster diagonal,  screen wall, kisi-kisi kayu, ekspose semen dan batu alam. Hal ini dilakukan beradasarkan pertimbangan fungsi dan estetika.

 

.

Konsep tampilan fasade secara kesuluran berlanggam tropis modern. Tropis lazimnya ditandai dengan hadirnya atap adaptif atas cuaca lokal. Sedang modern dapat kita temukan dengan hadirnya aksen tegas vertikal dan horizontal,  serta kombinasi material alam yang disesuaikan sedemikian rupa.

.

Last consclution, desain hunian kali ini hadir sebagai jawaban atas kebutuhan dan keinginan clien dengan jalan diskusi secara ringan hingga tercapai kesepahaman dan kesepakatan.

.

Ardiansyah / Kreasi Arsitek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *