Rumah Umi

Beda.. adalah konsep utama yang kami usung dalam desain kali ini. diawali saat mudik lebaran 1437 H lalu, tepatnya diminggu-minggu akhir jelang lebaran. dikampung halaman kami, desain Arsitektur sama sekali belum familiar ditengah-tengah masyarakat. padahal fakta dilapangan jika tidak terlalu prematur disimpulkan, sudah mulai memerlukan orang-orang yang kompeten untuk mengatasi dan mensiasati permasalahan-permasalahan yang ada.
Masuk pada bahasan Rumah Umi..
sebab rumah umi kami ada dan tumbuh ditengah kehidupan masyarakat yang awam dan abai terhadap persoalan desain, maka monotonitas dan kehomogenan bentuk dan fasade bangunan terjadi. mayoritas (jika tidak boleh dikatakan semua) rumah yang ada dikampung kami berbentuk sama. sama dalam hal tata ruang, arah tumbuh kembang bangunan, bentuk atap, teras dan banyak hal lainya yang serupa antara satu rumah dengan rumah lainya.
Berangkat dari fakta yang demikian kami kemudian berusaha untuk memakeover atau memoles ulang wajah dari rumah umi. hasilnya silahkan diamati..
Bisa kami pastikan ketika direalisasikan (entah itu kapan) rumah umi akan jadi ikon baru yang menarik pandangan mata dan menyimpan tanya akan konsep desain yang kami sertakan di dalamnya. analisa terhadap pergerakan matahari tentu jadi pertimbangan wajib bagi kami saat menggoreskan konsep desain.
 
Rumah umi memunggungi matahari pagi dan menangkap matahari sore jika ditunjau dari arah hadapnya. oleh karenanya jika kita amati secara teliti akan kita dapati respons atas hal tersebut dalam bentuk detail-detail desain. diantaranya adalah kami hadirkan screen matahari sore atas bangunan khususnya pada bagian teras dalam berberapa bentuk (kisi-kisi bambu yang disusun acak, dan penanaman tanaman julur le kuwan yew pada bagian maint entrance), guna mereduksi panas sore ada satu cara lagi yang kami lakukan, yaitu dengan menghadirkan kolam ikan kecil tepat berada di depan kisi-kisi bambu dan bata.
Fasade yang tak lazim dari segi bentuknya seperti yang telah kami kemukakan sebelumnya adalah sebagai ikon unik yang diharapkan memberikan daya tarik. warna cat abu-abu adalah upaya meredam panas matahari sore, sebab kita tau warna gelap memiliki fungsi menyerap panas. hasilnya diharapkan panas yang hadir tak terpendar lalu menyebar. aksen hijau muda diharapakan mampu mendukung terciptanya daya tarik bagi masyarakat sekita sebab warnanya yang cerah dan juga tegas serta berani.
Harapanya akhirnya, mudah-mudahan kedepan masyarakat secara perlahan dapat terbuka pemikiranya tentang pentingnya desain dalam mewujudkan bangunan impian dimasa mendatang. jika masyarakt faham maka in syaa Allah kami akan kebanjiran job desain hee. Aamiin Ya Allah..
Ardiansyah / Kreasi Arsitek
note : yang dimakeover hanya bagian teras

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *