SEMELTER TIMAH

Dan dalam perjalanan waktu sudah dapat dipastikan pengalaman kita akan semakin bertambah dengan catatan kita konsisten dalam bidang yang sedang ditekuni. Prinsip tersebut berlaku umum untuk semua disiplin ilmu dan keahlian. Termasuk disiplin ilmu rancang bangun Arsitektur. Projek desain kami kali ini (semelter timah) juga demikian, ketika masuk tawaran ke kami untuk eksekusi, saat itu kami belum pernah eksekusi desain semelter sama sekali. Pantang menyerah sebelum berjerih payah. Belum sekalipun tantangan perencanaan kami tolak sebab tiada mengerti ilmunya seperti apa.  Bagi kami projek kali ini merupakan momentum belajarndan juga batu loncatan dikemudian.

 

Site semelter kali ini berada di tanjung berigak bangka tengah,  daerah tersebut diplot sebagai pusat kawasan industri dikemudian sebagaimana daerah ketapang di pangkalpinang. Berukuran lahan 100 m x 200 m, menjadikan semelter dengan fungsi utama mencuci dan menyimpan timah terasa demikian lega. Terlebih konsep hijau coba dihadirkan dalam kawasan yang kedepan kendaraan berat semisal truk kontainer akan sering lalu lalang.

Catatan khusus yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Tataletak atas masa bangunan
  2. Akses dan sirkulasi
  3. Optimalisasi Ruang terbuka
  4. Konstruksi

Pada point :

1. Tata letak atas masa bangunan, digunakan pertimbangan prioritas destinasi. Dari komposisi bangunan keseluruhan berupa : Pos scurity, kantor, gudang simpan timah, gudang terbuka cuci timah dan mess pekerja,  center point bangunan ada pada bangunan kantor. Kantor diletakan pada bagian tengah depan dimaksudkan agar menjadi penyambut sesiapa yang berkunjung setelah melewat pemeriksaaan keamanan dipos scurity. Biasanya setelah singgah sejenak bertukar maksud dan tujuan, bertandang ke gudang simpan adalah destinasi berikutnya, demikian juga dengan gudang terbuka pencucian timah yang secara herarki berada dibelakangnya. Adapun mess pekerja yang berposisi dibelakang, selain untuk kenyamanan privasi pekerja, tujuan kemanan lingkungan belakang semelter yang cukup jauh dari pos scurity pun dapat terbantukan disana sebab ramai aktivitas para pekerja.

2. Akses dan sirkulasi, berkonsep One Gate more save, satu pintu lebih aman. Ya, sebab selain efesien dalam hal tenaga kemanan depan, konsep OG juga terbukti lebih aman, sebab setiap pengunjung yang hadir akan ter scan dengan petugas kemanan yang sama. Perumahan elit biasanya memberlalukan konsep OG, demikian pula kompleks instansi BUMN seperti PLN dan instansi lainya.

3. Optimalisasi ruang terbuka. Jika sebagian besar orang abai terhadap optimalisasi ruang terbuka pada kompleks pabrik dan gudang simpang besar,  tidak dengan semelter timah kali ini. Ditengah hiruk pikuk aktivitas semelter harus hadir ruang terbuka hijau yang dapat digunakan untuk rehat melepas penat sekaligus berperan memfilter polusi udara sekitar semelter. Atas dasar ini maka dihadirkan RTH utama dalam bentuk taman disekitar kantor dan juga RTH central depan gudang.

4. bentang yang cukup besar pada gudang simpan timah meniscayakan kontruksi yang digunakan harus pasti aman. Untuk kategori bentang gudang 30 meter, menggandeng pihak yang faham betul soal struktur baja kami lakukan. Kualitas lantai beton pun menjadi perhatian sebab semisal pada gudang simpan timah,  alat berat penyekrap gunungan timah sudah pasti ready dan beroprasi tiap hari.

Pada akhirnya, dalam sederhananya perercanaan kompleks semelter timah di tanjung berigak bangka tengah, tersimpan konsep universal perencanaan yang telah diperhitungkan.

Ardiansyah / Kreasi Arsitek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *