TAMAN MINI MINIMALIS

Terhitung sudah 2 kali kami dimintai tolong untuk mendesain taman rumah pribadi seseorang. coretan taman pertama adalah milik bapak Beni di desa sumber jaya permai kecamatan pulau besar, dibangka selatan selatan, Bangka Belitung. coretan tersebut juga pernah kami posting dengan judul “Desain Taman-Tamanan”. nah untuk coretan desain taman kedua kali ini lokasinya berada di Pangkalpinang, Bangka Belitung, tepatnya berada dirumah dinas pimpinan DepKeu wilayah Bangka Belitung.

Secara umum konsep yang kami hadirkan adalah minimalis. ciri sederhana yang bisa dijumpai adalah hadirnya garis lurus dan siku serta tidak ditemukan langgam lengkung pada taman tersebut. pembagian komposisi dikelompokan dalam 3 kategori,

Pertama : kategori desain fisik dan sculpture keras lainya. objek yang pada bagian ini adalah gazebo for Leyeh-leyeh,pot-pot tanaman, serta batu sebagai sculpture alami yang ditebar dihamparan rerumputan. terdapat juga step walk berbahan batu alam yang direkatkan dengan semen pada sepanjang selasar lama, juga pada bagian akses menuju teras. paving block berongga untuk menanam rumput jepang atau yang semisal juga masuk bagian ini.

Kedua : kategori tanaman atau vegetasi alami. yang masuk dalam bagian ini adalah pepohonan tinggi yang dalam hal ini sebagai opsinya adalah pohon ketapang kencana dan juga pakis brazil. alasan sederhana yang mendasari adalah jeni tanaman tersebut cenderung sedikit ranting cabang dan juga memiliki keindahan serta fungsi meneduhkan. berikutnya jenis adalah jenis bungan dan perdu. perdu yang dihadirkan adalah talas-talasan, bambu jepang yang ditanam dalam pot dll.

Ketiga :kategori air sebagai unsur penunjang kesejukan dan keserasian. air dihadirkan dalam bentuk kolam dan water wall berbalut batu alam. untuk menghilangakan kesan monoton bentuk kolam, maka pada bagian tengah kolam dihadirkan space untuk tanaman anggrek merah.
Perpaduan 3 hal tersebut yang kemudian dipadukan dengan pertimbangan tata letak dan posisi cukup menghadirkan kesan apik pada taman minimalis dilahan mini kali ini. selesai 😀
Ardiansyah.arch
Kreasi Arsitek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *